Langsung ke konten utama

Contoh Perangkat Lunak Aplikasi Berbayar

Shareware
Shareware adalah software tersebut dapat didownload dan digunakan pengguna hanya untuk dicoba. Jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lama untuk pemakaiannya. Misalnya trial 30 atau 60 hari.
Contohnya :
IDM , Athan, Winrar, Window Blinds, StyleXP

Rentalware
Perangkat lunak disewakan. Teknisnya hampir sama seperti software shareware, akan tetapi bedanya disini yaitu jika sudah mencapai jangka waktu atau batas pemakaian tertentu, makasoftware tidak bisa digunakan lagi (lock), dan pengguna harus memperpanjang kontrak pemakaiansoftware tersebut, bukan membeli passcode seperti shareware. Jadi tujuan rentalware tidak untuk diperjualbelikan.
Kesimpulannya bahwa Rentalware merupakan aplikasi komersial yang dijual dengan cara dipinjamkan dalam jangka waktu tertentu.
Contohnya :
Biasanya software ini digunakan untuk menangani suatu proyek yang tidak permanent. Misalnya dalam menyelesaikan suatu project dan apabila project yang dikerjakan telah selesai, maka perangkat lunak tidak lagi digunakan dan masa penyewaan pun akan habis.

Open Source
Open source adalah sebuah software yang dapat di miliki dengan cara mengambil / mendownload secara gratis dari internet, yang kode softwarenya di publikasikan ke publik atau pengguna internet.
Contohnya :
LINUX, MOZILLA FIREFOX(web browser), OPEN OFFICE dan database CLAMAV & CLAMWIN, GIMP, VIDEOLAN, BLENDER, XAMPP .

Public Domain
Perangkat lunak Public Domain adalah perangkat lunak yang tanpa hak cipta. Ada yang menggunakan istilah public domain secara bebas yang berarti cuma-cuma atau gratis. Namun public domain merupakan istilah hukum yang artinya tidak memiliki hak cipta . Dengan kata lain software jenis ini tidak terikat secara hukum yang terkait dengan hak cipta, jadi setiap pihak berhak untuk melakukan apapun terhadap software ini, alias tidak bertuan. Meskipun tidak bertuan, bukan berarti jenis software ini aman.
Contohnya :
STP MP3 Player.

Sumber : https://salsabilar.wordpress.com/2014/06/01/perangkat-lunak-berdasarkan-jenisnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Basis Data 1 : Apa yang anda harapkan dari MK Basis Data ?

Tidak terasa kuliah sudah Semester 4 rasanya seperti kemaren saya menjadi Maba :)) di semester 4 ini saya mendapatkan Mata Kuliah Basis Data. Sebelum mempelajari Mata kuliah tersebut, apasih yang diharapkan dari Mata kuliah basis data ini? Dapat mempelajari relasi pada database. Dapat mengatur akses database oleh beberapa user saja. Mahasiswa dapat mengolah informasi dengan cepat. Mungkin itu saja yang saya harapkan dari MK basis data ini, Terimakasih.

Basis Data 4 : Apa itu Physical Model

Physical Data Model (PDM) adalah presentasi suatu implementasi database secara spesifik dari suatu Logical Data Model (LDM) yang merupakan konsumsi komputer yang mencakup detail penyimpanan data di komputer yang direpresentasikan dalam bentuk record format, record ordering dan access path. Dan menjelaskan bagaimana data itu disimpan di dalam media penyimpanan yang digunakan secara fisik. Sasarannya adalah menciptakan perancangan untuk penyimpanan data yang menyediakan kinerja yang baik dan memastikan integritas, keamanan, serta kemampuan untuk dipulihkan. Perancangan PDM bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pemprosesan data yang mencakup : 1. Relasi yang sudah ternormalisasi, juga mencakup perhitungan kasar volume data yang akan disimpan. 2. Definisi dan deskripsi masing-masing atribut pada setiap entitas yang ada. 3. Deskripsi tentang kapan dan dimana data digunakan, meliputi langkah-langkah pemasukan data, pemanggilan, penghapusan serta pembaruan. 4. Kebutuhan akan...

Basis Data 8 : Design Konseptual And Logical

Data dala system : pegawai, produk (antar jemput, pengiriman barang, cleaning), pelanggan. Dalam System usernya : pengguna, pegawai (driver, pelayanan, dan staff). User mendaftarkan diri menggunakan no Hp & mengisi biodata. Pegawai di daftarkan oleh pegawai lain dengan mengisi no hp dan biodata. Proses bisnis : user memilih produk, setiap produk memiliki harga yang berbeda. Output : mengetahui transaksi penggunaan jasa / Pembelian produk. Konseptual Design : Logical Design :